Sabtu, 04 Juni 2011

Artificial Intelligence(AI)

AI mempelajari bagaimana membuat komputer melakukan sesuatu pada
suatu kejadian/peristiwa yang mana orang melakukannya dengan baik. 1).
Definisi AI

merupakan proses di mana peralatan mekanik dapat melaksanakan kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia.

Pengertian AI dapat ditinjau dari dua pendekatan :
1). Pendekatan Ilmiah( A Scientific Approach)
Pendekatan dasar ilmiah timbul sebelum invansi ke komputer, ini tidak sama dengan kasus mesin uap. Pendekatan ilmiah melihat batas sementara dari komputer, dan dapat diatasi dengan perkembangan teknologi lanjutan. Mereka tidak mengakibatkan tingkatan pada konsep. 
2). Pendekatan Teknik( An Engineering Approach)
Usaha untuk menghindari definisi AI, tetapi ingin mengatasi atau memecahkan persoalan-persoalan dunia nyata(real world problem).

Sejarah AI

Awal pekerjaan dipusatkan pada seperti game playing (misalnya: audio dengan kecerdasan dan permainan  catur(chess player), pembuktian teorema (theorem proving) pada Tugas-tugas formal (Formal Tasks). Samual(1963) menulis sebuah program yang diberi nama check-er-playing Program, yang tidak hanya untuk  bermain game, tetapi digunakan juga pengalamannya pada permainan untuk mendukung kemampuan sebelumnya. Catur juga diterima, karena banyak sekali perhatian terhadap permaianan catur yang merupakan permainan yang lengkap atau kompleks, program catur di sini situasinya harus jelas dan rule atau  ketentuannya harus seperti dunia nyata. Kandidat AI harus mampu menangani masalah-masalah yang sulit. Logic theorist diawal percobaan untuk membuktikan teorema matematika. Ia mampu membuktikan beberapa  teorema dari bab 1 Prinsip Matematika Whiteheat dan Russell. Theorema Gelernter (1963) membuktikan  pencarian area yang lain dari matematika yaitu geometri. Pada tahun 1963, pemecahan masalah umum  menggunakan object, pembuktian dengan atraksi(eksternal). Dari awal pekerjaan AI ini memindahkan lebih  khusus tugas yang sering berguna antara lain:

a. Tugas biasa/keduniaan(Mundane Tasks)
· Persepsi : - vision
- speech
· Natural Language : - understanding
- generation
- translation
· Commonsence Reasoning ( pertimbangan berdasarkan pikiran sehat): - robot control

b. Tugas Formil(Formal Tasks)
· Games : - chess
- checkers
· Matematics: - geometri
- logic
- proving properties of programs
c. Tugas Ahli(Expert Tasks)
· Teknik : - Design
- Fault Diagnosis
- Planning
· Scientific Analysis
· Medical : Diagnosis & Theraphy.

Aplikasi-aplikasi Dari AI

Kecerdasan tiruan (AI) telah dipelajari selama kira-kira 40 tahun. Hingga saat ini telah dihasilkan beberapa produk aplikasi AI secara komersial. Produk-produk tersebut umumnya dapat dijalankan pada perangkat keras komputer mulai dari komputer pribadi(PC) se-harga USA$5000 sampai dengan komputer besar(mainframe) seharga USA$50,000. Secara khas masukkan untuk produk-produk tersebut berbentuk data simbolis. Aplikasi-aplikasi AI antara lain:
- Game Playing
- Sistem Bahasa Alami
- Sistem Perancangan dan Pembuatan CAD/CAM
- Sistem Pakar VLSI
- Sistem Pakar Reparasi Perangkat Keras
- Manajemen Data Cerdas
- Sistem Otomatisasi Kantor
- Analisa Kecerdasan Militer
- Kendali dan Pemanggilan informasi disk video
- Kendali Robot
- Analisis Program Komputer
- Diagnosis Penyakit
- Konfigurasi komputer
- Ramalan senyawa kimia
- Sintesis ucapan
- Sistem Pakar Operator Komputer
- Manajemen Kendali Senjata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar