Jumat, 17 Juni 2011

cita-cita

Cita-cita merupakan sesuatu yang sangat kita inginkan untuk diwujudkan. Cita-cita membuat kita sebagai manusia lebih termotivasi didalam hidup ini. Setiap manusia pasti memiliki cita-cita nya masing-masing, nah kali ini saya akan membuat tabel cita-cita yang ingin saya wujudkan.



Gambar di atas adalah bentuk diagram persentase cita-cita saya yang ingin  di wujudkan. Mudah-mudahan saja apa yang saya ingin kan selama ini semua terwujud seperti pada diagram ini yang pada akhirnya meraih keberhasilan sebanyak 100%. 

Tahun
Rencana

2011

Pada tahun 2011 saya ingin mendapatkan beasiswa di gunadarma, agar dapat meringankan beban orangtua saya untuk perkuliahan saya

2012
Pada tahun 2012 saya ingin menjadi asistan lab informatika, agar saya mendapatkan pengalaman dalam menjadi asistan

2014
Pada tahun 2014 saya ingin dapat lulus dan menjadi sarjana tepat waktu dengan mendapatkan nilai yang memuaskan

2015
Pada tahun 2015 saya ingin mendapatkan pekerjaan di bidang yang saya minati yaitu IT

2017
Pada tahun 2017 saya ingin memiliki sebuah mobil dari jerih payah saya sendiri


2018
Pada tahun 2018 saya ingin memiliki sebuah rumah minimalis dari keringat sendiri

2019
Pada tahun 2019 saya ingin menikah dengan seorang wanita yang saya cintai


2020
Pada tahun 2020 saya ingin menaikkan haji kedua orang tua saya

2027
Pada tahun 2027 saya ingin mempunyai bisnis, untuk menjadi tabungan masa depan saya

2035
Pada tahun 2035 saya ingin menjadi Dirut pada sebuah perusahaan IT ternama


Sabtu, 04 Juni 2011

Logika

Logika adalah alat utama untuk merepresentasikan dan bernalar tentang pengetahuan. Secara khusus,
diperlukan adanya kemampuan untuk bernalar secara logis formal. Keuntungan menggunakan bahasa
yang logis formal dalam kecerdasan buatan, adalah bahwa bahasa merepresentasikan hal yang terbatas
dan secara tepat. Dengan demikian akan dapat ditulis program secara deklaratif, yaitu menggambarkan
apa yang benar dan tidak dalam pemecahan masalah. Hal ini juga akan mengijinkan terjadinya
penalaran otomatis yang diperlukan dalam penalaran umum.
Mengenai logika, juga dapat disampaikan beberapa keterbatasan. Sebagian besar penalaran yang
dilakukan oleh manusia tergantung pada pengetahuan yang tidak pasti. Logika tidak dapat
merepresentasikan ketidakpastian seperti ini. Lebih spesifik lagi, penalaran dengan bahasa alamiah
memerlukan penalaran untuk keadaan yang tersembunyi, yaitu: niat dari orang yang mengucapkan.
Ketika orang menyebutkan bahwa, “Satu dari ban di mobil ini kempes”, maka kita tahu bahwa ada 3 ban
lagi yang tersisa (kalau memang mobil berban 4). Manusia akan dapat mengatasi berbagai jenis
pengucapan / emosi / lafal, namun logis formal mengalami kesulitan dalam hal‐hal yang ambigu seperti
ini.
Sebuah logika terdiri atas dua bagian, yaitu: bahasa dan cara penalaran. Bahasa logika, memiliki dua
aspek, yaitu: sintaks dan semantik. Dengan demikian, untuk menspesifikasikan logika secara khusus,
diperlukan tiga hal sebagai berikut:
Sintaks: simbol atomik dari bahasa logika, dan aturan konstruksi bahasa yang baku, atau merupakan
ekspresi non‐atomik (struktur simbol) dari sebuah logika. Sintaks akan menspesifikasikan simbol‐simbol
dalam sebuah bahasa, dan bagaimana simbol dikombinasikan untuk membentuk kalimat. Dari sini
terlihat bahwa fakta dalam dunia akan direpresentasikan melalui kalimat di dalam logika.
Semantik: arti dari simbol atomik dalam logika, dan aturan untuk mendeterminasikan arti dari ekspresi
non‐atomik di dalam logika. Semantik menspesifikasikan fakta‐fakta dalam dunia yang direferensikan
melalui sebuah kalimat. Dengan demikian, juga memberikan cara tentang bagaimana sebuah kebenaran
didasari dengan artinya di dunia nyata. Sebuah fakta adalah klaim terhadap dunia, dan bisa bernilai
salah atau benar.
Metode Penalaran Sintaksis: aturan untuk mendeterminasikan himpunan bagian dalam ekspresi logikal,
disebut juga dengan teorema. Penalaran akan memberikan metode untuk menghasilkan kalimat baru
(yang bernilai benar), dengan diturunkan dari kalimat yang sudah ada sebelumnya.
Fakta adalah klaim tentang kenyataan di dunia yang bisa bernilai benar atau salah. Representasi adalah
sebuah ekspresi (kalimat) dalam bahasa tertentu yang dapat dikodekan ke dalam program komputer
dan memiliki arti khusus untuk objek dan relasi dalam dunia nyata. Harus dipastikan bahwa representasi
konsisten dengan kenyataan, sehingga gambar berikut ini berlaku:
Ada beberapa sistem logika yang memiliki sintaks dan semantik yang berbeda‐beda, di bawah ini adalah
beberapa contoh:
• Logika proporsional: semua obyek yang digambarkan dalam logika adalah pasti atau unik.
Contoh:
“Andi adalah seorang mahasiswa”
Mahasiswa(Andi). Dalam hal ini Andi mengacu kepada individu yang unik.
• Logika predikat orde pertama: obyek yang digambarkan bisa unik ataupun variabel yang
mengacu pada obyek tertentu.
Contoh:
“Semua mahasiswa miskin”
∀ s (mahasiswa(s)  miskin(s))
Dalam hal ini “s” dapat merepresentasikan banyak mahasiswa yang unik.
• Temporal
Merepresentasikan kebenaran dalam jangka waktu tertentu.
• Modal
Merepresentasikan ketidakpastian.
• Logika orde tinggi
Mengijinkan variabel untuk merepresentasikan banyak relasi antar obyek.
• Non‐monotonic
Merepresentasikan nilai default.

bentuk umum looping dalam java

bentuk umum :
1. while loop

while( boolean_expression ){
statement1;
statement2;
. . .
}



2. do while loop

do{
statement1;
statement2;
. . .
}while( boolean_expression );

3. for loop

for (InitializationExpression; LoopCondition; StepExpression){
statement1;
statement2;
. . .
}


Contoh :

Hitung pangkat sebuah nilai berdasarkan angka dan nilai pangkatnya. Buat tiga versi dari program ini menggunakan while loop, do-while dan for-loop. misal : 3 pangkat 4 = 81.

Versi while loop

import javax.swing.JOptionPane;
public class LATIHAN{
public static void main(String[ ] args){
int i = 1;
int hasil = 1;
String st1 = "";
String st2 = "";
st1 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan angka");
int angka = Integer.valueOf(st1).intValue();
st2 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan pangkat");
int pangkat = Integer.valueOf(st2).intValue();

while(i<=pangkat){
hasil=hasil*angka;
i++;
}

String st3 = angka + " pangkat " + pangkat + " = " + hasil;
JOptionPane.showMessageDialog(null, st3);
}
}

Versi do while loop

import javax.swing.JOptionPane;
public class LATIHAN{
public static void main(String[ ] args){
int i = 1;
int hasil = 1;
String st1 = "";
String st2 = "";
st1 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan angka");
int angka = Integer.valueOf(st1).intValue();
st2 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan pangkat");
int pangkat = Integer.valueOf(st2).intValue();

do{
hasil=hasil*angka;
i++;
}while(i<=pangkat);

String st3 = angka + " pangkat " + pangkat + " = " + hasil;
JOptionPane.showMessageDialog(null, st3);
}
}

Versi for loop

import javax.swing.JOptionPane;
public class LATIHAN{
public static void main(String[ ] args){
int hasil = 1;
String st1 = "";
String st2 = "";
st1 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan angka");
int angka = Integer.valueOf(st1).intValue();
st2 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan pangkat");
int pangkat = Integer.valueOf(st2).intValue();

for(int i=1;i<=pangkat;i++){
hasil=hasil*angka;
}

String st3 = angka + " pangkat " + pangkat + " = " + hasil;
JOptionPane.showMessageDialog(null, st3);
}
}

Artificial Intelligence(AI)

AI mempelajari bagaimana membuat komputer melakukan sesuatu pada
suatu kejadian/peristiwa yang mana orang melakukannya dengan baik. 1).
Definisi AI

merupakan proses di mana peralatan mekanik dapat melaksanakan kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia.

Pengertian AI dapat ditinjau dari dua pendekatan :
1). Pendekatan Ilmiah( A Scientific Approach)
Pendekatan dasar ilmiah timbul sebelum invansi ke komputer, ini tidak sama dengan kasus mesin uap. Pendekatan ilmiah melihat batas sementara dari komputer, dan dapat diatasi dengan perkembangan teknologi lanjutan. Mereka tidak mengakibatkan tingkatan pada konsep. 
2). Pendekatan Teknik( An Engineering Approach)
Usaha untuk menghindari definisi AI, tetapi ingin mengatasi atau memecahkan persoalan-persoalan dunia nyata(real world problem).

Sejarah AI

Awal pekerjaan dipusatkan pada seperti game playing (misalnya: audio dengan kecerdasan dan permainan  catur(chess player), pembuktian teorema (theorem proving) pada Tugas-tugas formal (Formal Tasks). Samual(1963) menulis sebuah program yang diberi nama check-er-playing Program, yang tidak hanya untuk  bermain game, tetapi digunakan juga pengalamannya pada permainan untuk mendukung kemampuan sebelumnya. Catur juga diterima, karena banyak sekali perhatian terhadap permaianan catur yang merupakan permainan yang lengkap atau kompleks, program catur di sini situasinya harus jelas dan rule atau  ketentuannya harus seperti dunia nyata. Kandidat AI harus mampu menangani masalah-masalah yang sulit. Logic theorist diawal percobaan untuk membuktikan teorema matematika. Ia mampu membuktikan beberapa  teorema dari bab 1 Prinsip Matematika Whiteheat dan Russell. Theorema Gelernter (1963) membuktikan  pencarian area yang lain dari matematika yaitu geometri. Pada tahun 1963, pemecahan masalah umum  menggunakan object, pembuktian dengan atraksi(eksternal). Dari awal pekerjaan AI ini memindahkan lebih  khusus tugas yang sering berguna antara lain:

a. Tugas biasa/keduniaan(Mundane Tasks)
· Persepsi : - vision
- speech
· Natural Language : - understanding
- generation
- translation
· Commonsence Reasoning ( pertimbangan berdasarkan pikiran sehat): - robot control

b. Tugas Formil(Formal Tasks)
· Games : - chess
- checkers
· Matematics: - geometri
- logic
- proving properties of programs
c. Tugas Ahli(Expert Tasks)
· Teknik : - Design
- Fault Diagnosis
- Planning
· Scientific Analysis
· Medical : Diagnosis & Theraphy.

Aplikasi-aplikasi Dari AI

Kecerdasan tiruan (AI) telah dipelajari selama kira-kira 40 tahun. Hingga saat ini telah dihasilkan beberapa produk aplikasi AI secara komersial. Produk-produk tersebut umumnya dapat dijalankan pada perangkat keras komputer mulai dari komputer pribadi(PC) se-harga USA$5000 sampai dengan komputer besar(mainframe) seharga USA$50,000. Secara khas masukkan untuk produk-produk tersebut berbentuk data simbolis. Aplikasi-aplikasi AI antara lain:
- Game Playing
- Sistem Bahasa Alami
- Sistem Perancangan dan Pembuatan CAD/CAM
- Sistem Pakar VLSI
- Sistem Pakar Reparasi Perangkat Keras
- Manajemen Data Cerdas
- Sistem Otomatisasi Kantor
- Analisa Kecerdasan Militer
- Kendali dan Pemanggilan informasi disk video
- Kendali Robot
- Analisis Program Komputer
- Diagnosis Penyakit
- Konfigurasi komputer
- Ramalan senyawa kimia
- Sintesis ucapan
- Sistem Pakar Operator Komputer
- Manajemen Kendali Senjata

BATCH FILE

Batch file adalah file teks yang berisi serangkaian perintah yang mungkin biasanya paling umum adalah untuk memulai menggunakan program dan untuk menjalankan utilitas. Batch file melakukannya dengan salah satu perintah bukan perintah ganda biasanya diperlukan. Mereka dapat disamakan dengan ikon cara pintas seperti yang terlihat dalam butir-&-klik sistem operasi, tetapi file batch jauh lebih kuat.

Menggunakan batch file untuk memulai sebuah program sering berarti bahwa pernyataan path anda mungkin dibuat lebih pendek. Ini berarti lebih sedikit direktori di mana DOS harus mencari selama operasinya. Memiliki jalan yang lebih singkat juga akan memberikan ruang bagi program-program lain yang mungkin memerlukan pencantuman jalan agar berfungsi dengan benar.

Selanjutnya, file batch canggih dapat memperbaiki program yang dimulai oleh memuat semua atau bagian dari program ke atas atau diperluas / diperpanjang memori, sehingga membebaskan lebih rendah (konvensional) memori. Memungkinkan banyak memori yang lebih rendah berarti program Anda memiliki ruang bernapas dan akan ada ruang untuk utilitas untuk menjalankan. Kemampuan yang sama ini mungkin telah di baris perintah, tetapi perintah ini kemungkinan besar akan rumit dan sulit untuk diingat. Mengapa tidak membiarkan sebuah file batch yang bekerja bagi Anda?

Dengan satu perintah, file batch dapat menjalankan program konfigurasi yang diinginkan dan di samping itu, dapat meminta file terkait seperti pengolah kata dokumen atau spreadsheet akan diambil setelah program utama sedang berjalan. Ini menghemat pengguna mencari dokumen dan menerbitkan perintah-perintah yang diperlukan untuk memuatnya. Salah satu perintah sederhana dari penamaan pengguna melakukan itu semua.
tanpa dokumen) pada konfigurasi yang dipilih pengguna dan dengan pilihan pengguna pilihan.

Menggunakan batch file untuk menjalankan utilitas berarti dapat memiliki akses langsung ke sana. Jika ada yang sering digunakan opsi tertentu, mereka dapat dimasukkan dalam file batch dan dengan demikian menyelamatkan Anda dari mereka harus mengetikkan setiap kali Anda menggunakan utilitas. Lebih baik: Menggunakan file batch berarti tidak ada kemungkinan salah mengetik parameter ini.

File batch DOS juga dapat membuat keputusan untuk melakukan operasi hanya jika kondisi tertentu ada atau tidak ada. Yang paling canggih bahkan dapat menandingi perintah biasanya tidak disertakan dengan sistem operasi DOS.

Hal ini mirip dengan Windows "File Association" fitur ini, tetapi dengan banyak keuntungan karena sejumlah file batch bisa ditulis untuk memuat file yang sama, masing-masing dengan, tetapi berbeda, atribut atau opsi start-up. Bahkan, salah satu bahkan bisa memiliki file yang sama dimuat ke program yang berbeda, setiap kali dengan spesifik, namun berbeda, pilihan. Pengguna tidak pernah mengubah konfigurasi tersebut secara manual.

VMWare


VMWare merupakan software untuk virtual machine (mesin virtual). Fungsinya adalah untuk menjalankan banyak sistem operasi dalam satu perangkat keras dan untuk menjalankan aplikasi yang ditujukan untuk system operasi lainnya. Fungsi lainnya adalah untuk mempelajari suatu sistem operasi baik ketika pada proses pembelajaran atau ketika proses pengembangan sistem operasi.

Istilah Virtual Machine (VM) sendiri mulai dikenalkan oleh IBM ketika meluncurkan sistem operasi mainframenya pada tahun 1965-an. Diperkenalkan untuk sistem S/370 dan S/390 dan disebut sebagia sistem operasi VM/ESA. Sehingga sering menimbulkan kebingungan antara penamaan produk atau penamaan mekanisme. Banyak orang yang menyebut, walau memiliki mekanisme virtual machine tetapi bila bukan dari sistem IBM tersebut, maka tidak disebut dengan Virtual Machine. Pada penjelasan ini, diambil kesimpulan bahwa istilah virtual machine adalah suatu jenis mekanisme virtualisasi suatu mesin di atas mesin lainnya. Jadi bukan jenis produk dari salah satu vendor dengan nama Virtual Machine.

VMWare memungkinkan bebarapa sistem operasi dijalankan pada satu mesin PC tunggal secara bersamaan. Hal ini dapat dilakukan tanpa melakukan partisi ulang dan boot ulang. Pada mesin virtual yang disediakan akan dijalankan sistem operasi sesuai dengan yang diinginkan. Dengan cara ini maka pengguna dapat memboot suatu sistem operasi (misal Linux) sebagai host operating system (sistem operasi tuan rumah) dan lalu menjalankan sistem operasi lainnya misal MS Windows. Sistem operasi yang dijalankan di dalam host operating system rumah dikenal dengan guest operating system (sistem operasi tamu)

Ada 3 jenis VMWare, yaitu :

1. VMWare Workstation adalah software untuk virtual machine yang compatible dengan komputer Intel x86. Software ini memungkinkan pemakai untuk membuat satu atau lebih virtual machine dan menjalankannya secara serempak. Masing-masing virtual machine dapat menjalankan guest operating system-nya sendiri seperti Linux, Windows, BSD, dan lain-lain. Tetapi software ini tidak dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare yang lain.

2. VMWare Server sebenarnya memiliki sistem kerja yang sama dengan VMWare Workstation. Tetapi dibandingkan dengan VMWare Workstation, VMWare Server mempunyai kelebihan yaitu dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare yang lain. VMWare Server juga dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh Microsoft Virtual PC.

3. VMWare Player adalah software yang digunakan untuk menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare lainnya. Tetapi software ini tidak dapat mebuat virtual machine sendiri.

Akan tetapi VMWare tidak mendukung Fire Wire, juga tidak menyediakan pendukung seperti USB 2.0 devices akan tetapi VMWare membuat USB 2.0 devices pada host operating system terdeteksi pada guest operating system sebagai USB 1.1 devices. VMWare sebenarnya hanyalah menyediakan 3D hardware acceleration karena bersifat percobaan.

Pro dan Kontra mengenai VMWare :

1. Mengapa menggunakan VMWare?

* Satu alasan yang tepat untuk menggunakan VMWare adalah ketika kita diharuskan untuk menggunakannya. Sebagai contoh, saya sebagai tenaga pengajar mengenai koneksi jaringan dan keamanannya dengan menggunakan berbagai macam sistem operasi, yang mengharuskan saya menggunakan laptop dengan berbagai sistem operasi.
* VMWare akan membuat sebuah virtual machine yang bisa anda konfigurasikan bergantung dengan kebutuhan dan tidak bergantung dengan hardware yang ada pada komputer anda. Sebagai contoh, ia secara default membuat sebuah file sebesar 4 GByte pada harddisk untuk mengemulasikan drive pada mesin virtual. Oleh mesin virtual, file ini terlihat seperti sebuah drive SCSI, yang pada kenyataannya ini hanyalah sebuah file pada IDE drive. Juga secara default, ia menggunakan sebuah IDE CD drive seperti … sebuah IDE CD drive. Walaupun anda bisa menyuruh virtual machine untuk menggunakannya sebagai sebuah SCSI drive, atau membuat sebuah image ISO CD-ROM sebagai sebuah drive dengan CD di dalamnya (misalnya untuk instalasi). Anda bisa menggunakan hardware yang sebenarnya tidak anda miliki, seperti tape drives.
* Anda juga bisa memiliki beberapa virtual machine yang berjalan pada satu waktu, dan membuat sebuah jaringan lokal pada komputer anda dengan berbagai sistem operasi yang berbeda. Ini baik untuk mencoba sebuah sistem operasi yang baru tanpa mempartisi ulang (menghapusnya kembali dapat dilakukan hanya dengan sekali klik); melihat bagaimana sistem operasi yang baru tersebut terintegrasi dengan jaringan anda yang sudah ada sebelumnya; menunjukkan kepada orang-orang bagaimana banyak sistem operasi saling terkoneksi dan terintegrasi dengan sebuah proyektor.

2. Mengapa tidak menggunakan VMWare?

* Kecepatan. Bagaimanapun, kita membagi sebuah CPU kepada dua atau lebih sistem operasi. Walaupun permasalahan ini menjadi tidak serius jika kita menjalankan program-program biasa pada hanya satu sistem pada satu waktu. Suatu hal yang bagus pada sebuah sistem SMP untuk menjalankan VMWare dengan menggunakan satu CPU untuk tiap satu virtual machine … walaupun tidak mungkin untuk melakukannya tanpa mendesain ulang keseluruhan kernel host operating system.
* Kecepatan, sekali lagi. Anda membutuhkan banyak sekali RAM untuk menjalankannya pada kecepatan yang biasa. Cobalah untuk menggunakan sedikitnya 128 MByte per sistem operasi, atau bersiaplah untuk swapping secara intensif. Ini mungkin menjadi permasalahan pada laptop (ingat bahwa harddisk pada laptop tidak dibuat untuk penggunaan intensif). Cobalah untuk tidak menggunakan swap sistem milik virtual machine.
* Kecepatan, untuk yang ketiga kalinya. Semua peripheral (drive, kartu jaringan) dibagi untuk masing-masing virtual machine. Sebagai contoh, pada sebuah komputer dengan dua buah virtual machine yang berjalan dan dengan banyak keberuntungan, tiap sistem mendapatkan sebuah bagian yang adil (sepertiga – ingat sistem host!) dari bandwidth. Hasil akhirnya dapat menjadi sangat lebih rendah, terutama tergantung dari desain dan efisiensi host operating system.

Pada dasarnya VMWare bukanlah emulator, karena tidak mengemulasikan CPU dan perangkat keras di dalam suatu virtual machine, tetapi hanya membolehkan sistem operasi lainnya dijalankan secara paralel dengan sistem operasi yang telah berjalan. Setiap virtual machine dapat memiliki alamat IP sendiri (jika mesin tersebut di suatu jaringan), dan pengguna dapat menganggapnya sebagai mesin terpisah. Virtual machine memiliki akses ke jaringan melewati sebuah protokol bridging propietary VMWare namun hanya jika kartu jaringan anda telah di-enable oleh sistem host. Ia bisa menggunakan alamat IP statis atau mendapatkan alamat dinamis dari DHCP Server pada jaringan anda. Anda kemudian dapat menghubungkannya ke sebuah server yang berjalan pada virtual machine dari virtual machine itu sendiri, dari komputer lain pada jaringan anda, atau bahkan dari komputer host melalui alamat jaringan eksternal pada virtual machine. Catat bahwa VMWare memberikan alamat sistem host dan mesin virtual pada subnetwork 192.168.19.0/24 dan 192.168.199.0/24 untuk protokol bridgingnya sehingga anda tidak dapat menggunakannya untuk koneksi anda.

Hasil akhir dari semua ini telah ditemukan tentang VMWare sebagai sebuah konsep yang menarik karena dengan berbagai kekurangan yang dimilikinya, ia bisa berguna pada sebuah lingkungan pengembangan, untuk pemrograman atau untuk administrasi sistem.

source :

Aplikasi Kimia inti

-       Aplikasi medis

Aplikasi medis dari teknologi nuklir dibagi menjadi diagnosa dan terapi radiasi, perawatan yang efektif bagi penderita kanker. Pencitraan (sinar X dan sebagainya), penggunaanTeknesium untuk diberikan pada molekul organik, pencarian jejak radioaktif dalam tubuh sebelum diekskresikan oleh ginjal, dan lain-lain.

 

-       Aplikasi industri

Pada eksplorasi minyak dan gas, penggunaan teknologi nuklir berguna untuk menentukan sifat dari bebatuan sekitar seperti porositas dan litografi. Teknologi ini melibatkan penggunaanneutron atau sumber energi sinar gamma dan detektor radiasi yang ditanam dalam bebatuan yang akan diperiksa.
Pada konstruksi jalan, pengukur kelembaban dan kepadatan yang menggunakan nuklir digunakan untuk mengukur kepadatan tanah, aspal, dan beton. Biasanya digunakan cesium-137 sebagai sumber energi nuklirnya.

 

-       Apikasi komersial

Ionisasi dari americium-241 digunakan pada detektor asap dengan memanfaatkan radiasi alfa. Tritium digunakan bersama fosfor pada rifle untuk meningkatkan akurasi penembakan pada malam hari. Perpendaran tanda “exit” menggunakan teknologi yang sama.

-       Pemrosesan makanan dan pertanian

Irradiasi makanan adalah proses memaparkan makanan dengan ionisasi radiasi dengan tujuan menghancurkan mikroorganisme, bakteri, virus, atau serangga yang diperkirakan berada dalam makanan. Jenis radiasi yang digunakan adalah sinar gamma, sinar X, dan elektron yang dikeluarkan oleh pemercepat elektron. Aplikasi lainnya yaitu pencegahan prosespertunasan, penghambat pemasakan buah, peningkatan hasil daging buah, dan peningkatan rehidrasi. Secara garis besar, irradiasi adalah pemaparan suatu bahan ke radiasi untuk mendapatkan manfaat teknis. Teknik seperti ini juga digunakan pada peralatan medis, plastic, tuba untuk jalur pipa gas, saluran untuk penghangat lantai, lembaran untuk pengemas makanan, bagian-bagian otomotif, kabel, ban, dan bahkan batu perhiasan. Dibandingkan dengan pemaparan irradiasi makanan, volume penggunaan nuklir pada aplikasi tersebut jauh lebih besar namun tidak diketahui oleh konsumen.
Efek utama dalam pemrosesan makanan dengan menggunakan ionisasi radiasi berhubungan dengan kerusakan DNA, informasi dasar kehidupan. Mikroorganisme tidak mampu lagi berkembang biak dan melanjutkan aktivitas mereka. Serangga tidak akan selamat dan menjadi tidak mampu berkembang. Tanaman tidak mampu melanjutkan proses pematangan buah dan penuaan. Semua efek ini menguntungkan bagi konsumen dan industri makanan.
Harus diperhatikan bahwa jumlah energi yang efektif untuk radiasi cukup rendah dibandingkan dengan memasak bahan makanan yang sama hingga matang. Bahkan energi yang digunakan untuk meradiasikan 10 kg bahan makanan hanya mampu memanaskan air hingga mengalami kenaikan temperatur sebesar 2,5 oC.
Keuntungan pemrosesan makanan dengan ionisasi radiasi adalah, densitas energi per transisi atom sangat tinggi dan mampu membelah molekul dan menginduksi ionisasi (tercermin pada nama metodenya) yang tidak dapat dilakukan dengan pemanasan biasa. Ini adalah alasan untuk efek yang menguntungkan, dan di saat yang sama, menimbulkan kekhawatiran. Perlakuan bahan makanan solid dengan radiasi ionisasi dapat menciptakan efek yang sama dengan pasteurisasi bahan makanan cair seperti susu. Namun, penggunaan istilah pasteurisasi dingin dan iradiasi dalah proses yang berbeda, meski bertujuan dan memberikan hasil yang sama pada beberapa kasus.
Iradiasi makanan saat ini diizinkan di 40 negara dan volumenya diperkirakan melebihi 500.000 metrik ton setiap tahunnya di seluruh dunia.
Perlu diperhatikan bahwa iradiasi makanan secara esensial bukan merupakan teknologi nuklir; hal ini berhubungan dengan radiasi ionisasi yang dihasilkan oleh pemercepat elektron dan konversi, namun juga mungkin menggunakan sinar gamma dari peluruhan inti nuklir. Penggunaan di dunia industri untuk pemrosesan menggunakan radiasi ionisasi, menempati sebagian besar volume energi pada penggunaan pemercepat elektron. Iradiasi makanan hanya sebagian kecil dari aplikasi nuklir jika dibandingkan dengan aplikasi medis, material plastik, bahan mentah industri, batu perhiasan, kabel, dan lain-lain.