Senin, 18 April 2011

Kejujuran yang utama

Pandangan hidup ? mungkin bagi beberapa orang mereka sudah memahami pandangan hidup masing – masing, tetapi mungkin beberapa orang pun masih bertanya- tanya, apa itu pandangan hidup? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pandangan hidup merupakan sebuah konsep yang dimiliki seseorang atau golongan dalam masyarakat yang bermaksud menanggapi dan menerangkan segala masalah di dunia ini. Tetapi makna pandangan hidup itu sendiri memiliki banyak versi tergantung oleh pribadi manusia itu masing-masing.
Saya pun ikut menanyakan pada salah satu karyawati di perusahaan swasta, yang bernama Ibu Ida. mengenai pandangan hidupnya :

  • Saya      : bu, kalau boleh tahu. Sebenarnya makna pandangan hidup menurut ibu tuh seperti apa sih..?
  • Ibu Ida   : menurut saya sih, pandangan hidup itu adalah prinsip seseorang dalam menghadapi     kehidupannya.
  • Saya       : lalu, menurut ibu pandangan hidup itu pentig tidak..?
  • Ibu Ida   : pandangan hidup itu sangat penting, karena pandangan hidup dapat membimbing kita menjadi orang yang baik
  • Saya       : kalau saya bloeh tanya lagi, pandangan hidup ibu apa ya..?
  • Ibu Ida    : kalau pandangan hidup saya sih, kejujuran adalah modal utama dalam  menempuh        kehidupan. Orang yang jujur akan mudah diterima oleh orang lain  dimana saja, saya selalu menanamkan dan menerapkan prinsip ini dari sejak saya kecil
  • Saya        : jadi pandangan hidup dan cita-cita ibu itu berbeda ya..?
  • Ibu Ida     : ya jelas berbeda, cita-cita adalah bagian dari pandangan hidup yang sangat  kita inginkan agar terwujud, cita-cita sangatlah berkaitan dengan tujuan, sedangkan pandangan hidup berkaitan dengan prinsip. cita-cita saya sangatlah simpel yaitu menjadi orang yang   berguna diantara keluarga, masyarakat, dan agama.
  • Saya         : apakah ibu sudah merasa sudah merasa telah mencapai cita-cita ibu..?
  • Ibu Ida      : menurut saya sendiri cita-cita saya belum sepenuhnya tercapai, karena seharusnya kita tidak boleh merasa cepat puas akan tercapainya suatu cita-cita, sehingga kita memiliki rasa untuk lebih berusaha lagi agar cita-cita kita terwujud.
  • Saya          : jadi seperti itu ya bu, terima kasih atas penjelasannya.



Foto saya dan Ibu ida

Dari wawancara terhadap satu orang tokoh diatas, maka saya dapat menyimpulkan bahwa manusia haruslah memiliki pandangan hidup nya masing-masing agar dapat membimbing kehidupan diri nya sendiri. misalnya saja ibu yang saya wawancarai ini, beliau sangatlah berpegang teguh dengan pandangan hidupnya, baginya kejujuran lah yang utama, kejujuran dapat memberikan kehidupan yang sejahtera dan tentram. Kehidupan nya sekarang ini pun dapat diraihnya dari prinsip yang ia tanamkan dari sejak kecil, dan ia pun dapat merasakan hasilnya sekarang.  Jadi pada dasarnya manusia memiliki pandangan hidupnya yang berbeda-beda, tergantung dari karakter manusia itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar