Sabtu, 12 November 2011

File ISO & Ultra ISO




Mungkin banyak dari pada kita yang telah mengetahui bahkan menggunakan file ber ekstensi iso ini, tetapi masih banyak juga yang belum mengetahui kegunaan dari iso itu sendiri. Iso image atau file ISO (International Organization for Standardization) merupakan salah satu jenis file arsip yang memungkinkan pengguna untuk meng-arsipkan suatu file.

ISO image juga dikenal sebagai image disk dari sebuah optical disc, terdiri dari isi data setiap sektor dari optical disc, termasuk sistem file disk optik. ISO images dapat dibuat dari cakram optik, atau dapat digunakan untuk menciptakan kembali disc optik menggunakan perangkat lunak dari banyak vendor perangkat lunak. File ISO image biasanya memiliki ekstensi [.iso]. ISO namanya diambil dari sistem 9660 file ISO digunakan dengan media CD-ROM, tapi ISO image juga mungkin berisi sistem file UDF.

Seringnya kita menggunakan file iso ini dalam memback-up suatu data dalam komputer atau harddisk karena File iso ini memiliki sistem yang dapat mempercepat dan mempermudah proses transfer dari pada jenis file arsip lainnya.

Untuk membuka file iso ini biasa nya kita membutuh kan sebuah software lainnya, sebenarnya kita dapat menggunakan aplikasi winrar, tetapi kali ini saya menyarankan untuk menggunakan software ultra iso. Meskipun sama saja tetapi Ultra iso memiliki beberapa kelebihan yaitu :
1. penggunaanya yang mudah
2. ukuran filenya yang tidak terlalu besar dan tidak membebani resource memory komputer pada saat   menjalankan aplikasinya.
3. Setelah Ultra ISO ter-install kedalam sistem operasi Windows Anda, maka secara otomatis akan membuat virtual drive dan tidak perlu disetting seperti Nero.
4. Anda dapat melakukan ekstrak file ISO dan selanjutnya membakarnya ke dalam sebuah CD/DVD seperti Program Nero,  Dan sebaliknya anda juga dapat membuat file ISO dari CD/DVD atau hardisk anda.

Didalam ultra iso terdapat beberapa fitur, yaitu :
1. menggandakan Disc ke CD / DVD Image
2. Membangun File / Folder ke Satu File ISO
3. Mengatur dan Mengelola Efisien
4. Edit dan Convert File ISO ke beberapa Format
5. Membuat Bootable CD / DVD
6. Membuat / Edit Image CD Audio
Dan masih banyak lagi..

cara memburnig pada cd :
1. install ultra iso sampai selesai, jika anda belum mempunyai ultra iso dapat di download di sini (pass :
www.remo-xp.com)
2. setelah instalasi selesai, drop file iso (yang ingin di burn) ke software ultra iso


3. lalu pilih icon burn CD/DVD image


4. lalu pillih Burn


jika kita hanya ingin membuka tanpa memburning pada cd, kita dapat memvirtualkan file iso itu ke virtual drive (yang telah dibuat setelah instalasi)
dengan cara :
1. klik kanan pada file ber-ekstensi iso
2. lalu pilih ultra iso,
3. lalu pilih mount to drive..
seperti gambar di bawah


 lalu isi file iso pun akan menjadi isi drive yang dibuat.


source : http://www.remo-xp.com/2011/04/ultraiso-premium-edition-936-build-2750.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar